SARASEHAN PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Asosiasi Pengembang Teknologi Pembelajaran Indonesia (APTPI) menyelenggarakan sarasehan nasional dengan tema Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19 yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 23 April 2020 yang diikuti oleh sekitar 200 orang pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) se-Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kapusdatin Bapak Dr. Hasan Chabibie, M.Si. yang menyampaikan  beranjak dari Merdeka Belajar yang di luncurkan oleh Mendikbud berlanjut dengan adanya pandemic Covid 19 yang mengharuskan pembelajaran berlangsung dari rumah atau Belajar dari Rumah (BDR), Merdeka Belajar menemukan momentum pada masa pendemi ini yaitu pembelajaran bisa berlangsung dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Peran guru penggerak sangat penting dalam keberlangsungan pembelajaran di masa pandemic Covid 19 karena guru penggerak inilah yang seharusnya menjadi motor penggerak keberlangsungan BDR. Sarasehan ini sangat tepat dilakukan dalam rangka mendukung semua guru terutama guru penggerak dalam menjalankan proses BDR dalam konteks Merdeka Belajar.

Pemateri pertama, Dr. Purwanto (PTP Ahli Utama Pusdatin) menyampaikan bahwa belajar dalam masa pandemic Covid 19 ini mendorong kita semua untuk meningkatkan diri baik pada pengetahuan dan keterampilan. Banyak komponen yang terlibat dalam BDR ini yang menemukan passion mereka dalam pembelajaran, seperti siswa, guru, kepala sekolah, PTP, penyedia Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), provider aplikasi, penyedia sumber belajar, dan orang tua. Perlu dikaji  juga apakah setelah masa pandemic selesai akan mengubah sistem pembelajaran selanjutnya? Karena BDR ini telah melahirkan inovasi pembelajaran baru dengan munculnya berbagai macam perangkat pembelajaran (tools) berbasis online  yang mempengaruhi gaya belajar siswa maupun gaya mengajar gurunya.

PTP sebagai instructional desainer dituntut untuk mengembangkan model pembelajaran dengan cara menciptakan yang baru, memodifikasi/adaptasi yang ada, maupun mengadopsi yang tersedia dengan tetap berlandaskan pada langkah-langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang selalu berkembang sehingga perlu selalu dipelajari oleh PTP. Sekarang ini dan ke depan yang dihadapi adalah generasi Alpha, yaitu generasi digital native yang focus pada skill bukan konten, yang tertarik pada keaslian dan tidak menyukai konten yang terisolasi. PTP harus menguasai pedagogi baru untuk memenuhi kebutuhan generasi Alpha yang memerlukan pola pembelajaran sesuai dengan generasi digital native tersebut. Pedagogi baru yang dimaksud adalah pedagogi yang mampu mendorong siswa untuk menciptakan pengetahuan baru dan menghubungkannya dengan dunia melalui perangkat digital. Atau dengan kata lain agar siswa menjadi pembelajar mandiri yang merancang dan mengelola proses belajar secara efektif.

Untuk menghadapi tantangan tersebut PTP sebaiknya mempunyai spesialisasi dalam ke-PTP-an karena dinamika bidang garapan PTP itu luar biasa, berubah secara konstan dan cepat. PTP harus selalu memperbaharui keterampilan untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi dan teori-teori pembelajaran terbaru. PTP harus bisa merancang dan mengembangkan e-learning, mengidentifikasi masalah utama pembelajaran, memilih model desain pembelajaran yang tepat, mengelola proyek e-learning, menciptakan seni komunikasi, dan tetap terkini dengan teknologi. PTP harus siap memberikan solusi permasalahan pembelajaran yang ada dan pastinya semakin kompleks.

Pandemi Covid 19 ini selain memberikan dampak buruk tetapi juga mempunyai hikmah dibaliknya, yaitu mempercepat otonomi pembelajar, kemandirian anak dalam belajar tumbuh (self directed learning). Juga kekhawatiran gagal ujian bisa ditepis jika anak-anak tetap memelihara ekspektasi dan harga diri (self esteem). Hikmah lainnya yang tak kalah penting adalah siswa, guru, dan orang tua bisa belajar berkolaborasi dengan memanfaatkan berbagai aplikasi. Aplikasi ini merupakan hubungan digital yang menyatukan percakapan tatap muka, konten, tugas, dan aplikasi dalam satu tempat sehingga membiarkan para pendidik menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Membangun ruang kelas digital yang kolaboratif yang terhubung satu dengan lainnya.

Pemateri kedua, Dr. Uwes A. Chaeruman  yang merupakan Dewan Penasihat Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APSTPI) menyampaikan tentang Integrative Learning Development Framework (ILDF) yaitu bagaimana PTP menyusun desain pembelajaran e-learning yang integrative atau terpadu.  PTP sebagai online learning developer (pengembang e-learning) harus mampu memadukan antara pedagogic model (model pembelajaran), instructional strategi (strategi pembelajaran)  dan learning  technologi (teknologi pembelajaran)yang terikat dengan situasi dan kondisi sosial dan budaya pembelajar.

Lebih lanjut Uwes menyampaikan bahwa dimasa BDR ini banyak bermunculan e-learning tetapi sering hanya terbatas pada e-nya saja (tools)  seperti google classroom, teams, webex, zoom, dll. bukan menekankan pada learning (proses pembelajaran). Dalam pembelajaran sekarang ini (ruang belajar zaman now) terdapat dua ruang yaitu Synchronous Learning dan Asynchronous Learning.  Synchronous Learning merupakan pembelajaran langsung baik dengan tatap muka (diskusi, demonstrasi, praktik, dll.) maupun tatap maya (video conference atau video web). Sedangkan Asynchronous Learning merupakan pembelajaran tidak langsung baik secara personal (bahan ajar audio, video, animasi, simulasi, dan AR/VR) maupun kolaborasi interpersonal (forum diskusi millist, blog, comm of practices).

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa sarasehan ini mendorong peran serta aktif dan nyata PTP dalam membantu berjalannya proses pembelajaran selama masa BDR yang diwujudkan dengan mendesain pembelajaran jarak jauh (e-learning) yang efektif dan terpadu sesuai dengan kebutuhan siswa, guru, dan orang tua (*)

Materi bisa dilihat di link video youtube dibawah ini https://www.youtube.com/watch?v=PBHvPm3WNno&feature=youtu.be https://youtu.be/lbdALilR5s0 . https://youtu.be/Lji_jOhLwR4 https://youtu.be/KKv33b9AysE

Dilaporkan oleh: Heri Dwiyanto, S.S., M.Pd., PTP Ahli Muda LPMP Lampung.

SARASEHAN PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19

SARASEHAN PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Asosiasi Pengembang Teknologi Pembelajaran Indonesia (APTPI) menyelenggarakan...
Read More
WEBINAR “PRAKTIK BAIK BELAJAR BERSAMA BUAH HATI DI MASA PANDEMI”

WEBINAR “PRAKTIK BAIK BELAJAR BERSAMA BUAH HATI DI MASA PANDEMI”

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Asosiasi Pengembang Teknologi Pembelajaran Indonesia (APTPI) Wilayah...
Read More
PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE  DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA JARAK JAUH  DALAM RANGKA BELAJAR DARI RUMAH

PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA JARAK JAUH DALAM RANGKA BELAJAR DARI RUMAH

PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCEDALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA JARAK JAUHDALAM RANGKA BELAJAR DARI RUMAHOleh : Tri Wibawanto, M.Si.Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda...
Read More
Cegah Penyebaran Covid-19, Belajar Daring Menjadi Solusi

Cegah Penyebaran Covid-19, Belajar Daring Menjadi Solusi

Di tengah merebaknya pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak para pelaku pendidikan untuk memanfaatkan...
Read More
PEMANFAATAN GOOGLEFORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN COVID-19

PEMANFAATAN GOOGLEFORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN COVID-19

PEMANFAATAN GOOGLEFORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN COVID19 Oleh : Tri Wibawanto, M.Si. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda...
Read More
PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN VIRUS COVID-19 Oleh : Tommy Marsan, S.Kom,. M.I.P. Pengembang Teknologi...
Read More
PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARN JARAK JAUH ATASI PENYEBARAN VIRUS COVID-19 Oleh : Tri Wibawanto, M.Si. Pengembang Teknologi Pembelajaran...
Read More
DIGITAL CLASS SOLUSI PEMBELAJARAN DALAM KONDISI DARURAT  (WABAH CORONA)

DIGITAL CLASS SOLUSI PEMBELAJARAN DALAM KONDISI DARURAT (WABAH CORONA)

DIGITAL CLASS SOLUSI PEMBELAJARAN DALAM KONDISI DARURAT (WABAH CORONA) Oleh: Heri Dwiyanto* Saat ini dunia sedang disibukkan dengan adanya wabah...
Read More

Breaking News